Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Leaflet 3D terhadap Motivasi dan Berpikir Logis Siswa Kelas VII MTSN 2 Mataram

Penulis

  • Usnah Meilani Program Studi Tadris IPA Biologi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram Jl. Gajah Mada No. 100, Jempong, Mataram, Nusa Tenggara Barat Penulis
  • Suhirman Program Studi Tadris IPA Biologi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram Jl. Gajah Mada No. 100, Jempong, Mataram, Nusa Tenggara Barat Penulis
  • Firman Rahman Program Studi Tadris IPA Biologi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram Jl. Gajah Mada No. 100, Jempong, Mataram, Nusa Tenggara Barat Penulis

DOI:

https://doi.org/10.71024/bioindikator/2024/v1i1/9

Kata Kunci:

Guided inquiry, 3D leaflet media, learning motivation, logical thinking

Abstrak

This study aims to evaluate the impact of using a guided inquiry learning model supported by 3D leaflet media on the learning motivation and logical thinking skills of seventh-grade students at MTsN 2 Mataram. The research method applied is a quasi-experiment with a non-equivalent control group design. The research sample consists of two classes: class VII C as the experimental group implementing the guided inquiry model with the aid of 3D leaflets, and class VII B as the control group using conventional learning methods. The research instruments include a learning motivation questionnaire in the form of an observation sheet and a logical thinking skills test consisting of a pretest and posttest. The results indicate a significant increase in the learning motivation and logical thinking skills of students in the experimental class compared to the control class. The use of 3D leaflet media has proven effective in supporting the guided inquiry learning process, making it an alternative learning strategy that can enhance the quality of education. These findings are expected to contribute positively to the development of innovative and interactive learning models at the secondary school level.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Abida & Rahma. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Retensi Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingkungan, (Skripsi, FTK UIN Raden Intan Lampung, Lampung).

Andriani dan Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 4(1): 80-86.

Andriawam, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(2).

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2): 93-196.

Febrita dan Ulfah. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Universitas Indraprasta PGRI, 12(2): 181-188.

Furmanti & Hasan. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis , Motivasi Dan Keaktifan Siswa Di SMP N 5 Seluma’, Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship Vi Tahun 2019.

Indriyana E. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII DI SMP PGRI 6 Bandar Lampung, Journal of Chemical Information and Modeling.

Kartini, L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Leaflet Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Vii Smp Muhammadiyah Palangka Raya, (Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Palangka Raya)

Leatari et al., (2019). Kemampuan Berpikir Logis dan Penguasaan Kosa kata Bahasa Jerman, (Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra). 3(2).

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar, Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2018.

Maulana,M., A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Leaflet Pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI MAN I Makassar.

Mukti F., D. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Di Kelas V MI Wahid Hasyim’, ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 2019.

Ngalimun et al., (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Berpikir Logis Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup, Bandung.

Purwanto, A. (2012). Kemampuan Berpikir Logis Siswa SMA Negeri 8 Kota Bengkulu dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Exacta, 10(2): 133-135.

Rahmadi, A. (2009). Penerapan Metode Mindmapping Sebagai Upaya Bmeningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VII-A Di SMP Piri Ngaglik Sleman Tahun Ajaran 2008/2009, (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Wiji dan Sopandi. (2014). Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1): 147- 156.

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Usnah Meilani, Suhirman, & Rahman, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Leaflet 3D terhadap Motivasi dan Berpikir Logis Siswa Kelas VII MTSN 2 Mataram. Bioindikator: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(1), 46-56. https://doi.org/10.71024/bioindikator/2024/v1i1/9

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama